About Sispena

Blog ini dibuat tanggal 19 Mei 2008. Tujuannya untuk memuat cerita kenangan, kegiatan, artikel yang ditulis oleh anggota dan alumni SISPENA yang tersebar di pelosok negeri. Artikel juga bisa berasal dari milis SISPENA.

SISPENA (Siswa Pecinta Alam) adalah organisasi ekstrakurikuler (ekskul) SMU Negeri 1 Jember yang aktif melakukan kegiatan alam bebas, seperti penghijauan, mountaineering (hiking, prusik, panjat dinding, panjat tebing) dan lainnya. SISPENA menjadi unik setiap angkatannya karena dibentuk oleh kegemaran dan bakat anggota yang bermacam-macam, seperti fotografi, orad (olahraga arus deras) bahkan keorganisasian dan komunikasi.

Untuk menjadi anggotanya, siswa SMUN 1 Jember diwajibkan lolos tes tulis, tes fisikdan diklatsar (pendidikan & latihan dasar). Dalam diklatsar, anggota dilatih memiliki loyalitas yang tinggi terhadap organisasi dan kawan sejawat, survival, navigasi darat, mountaineering, baik teori maupun praktik.

Sejarah

SISPENA secara resmi dibentuk tanggal 9 Oktober 1977 di Perkebunan Rayab, Rembangan. Sebelumnya, rapat informal tentang pembentukan Sispena diadakan di rumah siswa SMA 1 Jember, Ahmad Burhanudin Taufiq, yang kini bermukim di Bekasi. Pendirinya hanya tiga orang. Angkatan pertama ini dinamakan “Angkatan Sepeda Onthel”, karena kegemarannya mengendarai sepeda onthel. Sispena adalah ekskul tertua di SMU 1 Negeri Jember, dan kelompok pecinta alam tertua ke-2 di Jember. Salah satu pendirinya adalah almarhum Dewanto Nusantoro (biasa dipanggil Mas Dhe), sarjana hukum lulusan Universitas Jember, fotografer, wartawan dan pemandu wisata Raflesia.

Alumni Sispena tersebar di seluruh penjuru Indonesia dan beberapa belahan dunia, seperti Belanda, Singapura, Malaysia, Jepang dan lainnya. Beberapa alumni tercatat sebagai anggota tim SAR dan anggota Wanadri. Hingga hari ini, sejumlah alumni masih tetap beraktivitas di alam bebas, meneruskan kecintaan terhadap alam, keindahan dan tantangannya. Banyak alumni Sispena yang sukses baik secara akademik, karir dan organisasi. Kesuksesan ini sedikit banyak dipengaruhi oleh kiprah aktif mereka selama di Sispena.

Jayalah Sispena!

MOTO

SETAPAK DEMI SETAPAK KITA GAPAI CITA CITA SETINGGI LANGIT DAN HARAPAN SEBESAR GUNUNG DI SELURUH PENJURU DUNIA

Bendera Sispena

MAILING LIST

Sispena mempunyai mailing list (milis) yang aktif digunakan sebagai sarana komunikasi antara anggota dan alumni. Telah tercatat sebanyak 87 orang menjadi anggota (data 11 Okt 2008). Milis Sispena dikelola di yahoogroups dengan alamat:

http://groups.yahoo.com/group/sispena/

Untuk bergabung dalam milis Sispena, kirimkan berisi data diri ke:

sispena-subscribe@yahoogroups.com

FACEBOOK

Sispena juga memiliki akun Facebook. Anda bisa meng-klik link berikut:

http://www.facebook.com/groups/241585769214317/

FRIENDSTER

Sispena juga memiliki akun Friendster. Anda bisa meng-klik link berikut:

http://profiles.friendster.com/sispena

Jika ingin bergabung dengannya masukkan email berikut:

sispena_jember(at)yahoo(dot)co(dot)id

FOTO KIRIMAN untuk GALLERY

Jika anda memiliki foto-foto kenangan semasa menjadi anggota Sispena, harap dikirimkan ke sispena@gmail.com

Foto ketika melakukan ekspedisi (berikut cerita-ceritanya) bisa dikirimkan juga ke email di atas.

8 thoughts on “About Sispena

  1. Eko Susilo (Echot)

    Pagi itu,
    ketika TUHAN membuka jendela Sorga
    Tuhan melihatku dan menyapa :
    “Apa harapanmu..?”
    “Subhanallah…memory di otak hamba aktif kembali ya Allah.
    Malam itu 8 Oktober 1977, 01.00 WIB di Jalan Suprayitno XI/9 (sekarang Jl. Manggis XI/9) Jember (di rumah Achmad Burhanudin Taufik/Uut, sekarang dia staf BPKP Pusat Jakarta). Dalam selimut kantuk yang amat sangat, dikejar oleh waktu yang terus merayap. Hamba kuatkan hati, kuatkan diri. Untuk rencana besar hamba dan kawan-kawan.

    Ya Allah..Pagi itu, sekitar pukul 10.00 WIB..
    bendera itu harus berkibar.
    Dalam semangat yang membara.
    Demi sebuah cita-cita bersama : SISPENA.
    Ya Tuhann…
    Pagi ini, jelang 31 tahun,
    hamba hanya menatap dalam-dalam
    bendera yang hamba tulis
    dalam kondisi darurat beserta kantuk yang menyengat itu.
    Tak terasa,
    ada setitik air mata
    yang menggelinang dipelupuk.
    Ya Tuhan…
    Semoga bendera itu
    senantiasa berkibar,
    dalam semangat kebersamaan
    yang mendalam.
    Seiring dengan semangat hamba
    dan kawan-kawan saat itu,
    dan semangat yang menggebu-gebu saat ini. Hamba ingin selalu
    mengumandangkan SALAM SATU JIWA DARI BUMI AREMA,
    kepada Adik-adik SISPENA
    yang selalu mengumandangkan SALAM RIMBA.”

    Trima Kasih,
    Malang, 23 Juni 2008
    Eko Susilo Adi Utomo (Echot)
    HP 0811 366 930; 0817 325 387

    Catatan :
    Sampaikan SALAM RIMBA kepada teman-teman ex SISPENA 1977-1980 :
    DEWANTO NUSANTORO (Nus)
    NIRWAN DEWANTO (Nirwan)
    HERI WIBOWO SELAKSONO (Heri)
    ACHMAD BURHANUDIN TAUFIK (Uut)
    AGUS HARSONO
    NURDIN
    EKO RACHMADI

    Mari kita do’akan juga Almarhum KOESBANDI yang telah mendahului kita pada tahun 1978, setelah kena Malaria saat KEMAH BERSAMA SISPENA di Pantai TANGGELAN, Bandialit, Kencong Jember.
    Semoga Almarhum,
    saat ini berada di Sorga Firdaus,
    tempat yang palin mulia,
    disisiNya
    Amienn…

  2. Ketika Hari Mulai Menggelap….

    Waktu itu, berdiri aku di senja senyap. Suara adzan bergeming di dinding sanubariku, menggetarkan sekujur tubuhku. Lekas kuambil air suci itu lalu kuusap ke anggota badanku. Seketika, angin kecil-kecil pun datang mengusap wajahku, menghembus pohon-pohon. Meleburkan semua rasa penat dan letih…

    Tapi perjuangan belum terhenti sampai di situ! Dingin semakin mencekik. Membuatku terpekik, termangu sepi yang kejam. Diam-diam, suara-suara itu menyelinap di balik sepinya suasana, memecah kesunyian menjadi keping-keping doktrin yang mengandung sejuta makna. Debu-debu beterbangan, mengantar sejumlah amanat yang harus kulaksanakan. Aku pun terdiam, larut diantara solidaritas dan loyalitas yang diaduk menjadi sebuah tanggung jawab yang akan kuemban. Satu persatu kakiku menjejak, langkah kian memberat, terseok rintangan yang kulewati, membuatku haus akan pesan yang tersirat. Mental dan fisik dipertaruhkan demi selembar kain yang berserat nyali dan terajut dari benang-benang keberanian, berlambangkan SISPENA…

    Mengenang diklatsar A2 XXIX yg tak pernah kulupakan dan slalu mnjdi kenangan terindah skaligus terburuk dlm hidupku..

    Phow
    2906009

  3. take risk, get dream … filosofi bisnis dan hidup ku, tak pikir salah satunya terasah karena aku dulu ikutan sispena … moga kita semua mampu gapai tingggi n besarnya harapan di seluruh dunia

    sukses ya!

    member of sispena-12

  4. motto sispena tu yg bner kitagapai cita ato kita gapai cita_cita????
    trus gunung dari seluruh ato gunung di seluruh???
    abz bgug nih???

  5. Nugroho adi w (1592022)

    Menemukan milis ini Seperti menemukan bagian hidup yg paling berkesan.Terharu dan terkenang masa2x sebagai seorang sispena! JAYA SISPENA!!

  6. untuk adik2 pengelola website sispena, klo mau lihat photo ato berhubungan dg anggota sispena jadul (angkatan 1983-1985) bisa buka facebook dan hubungi nama: Budi pramono, Seno Aji ( ketua sispena 1984), erni sugiarti, dll

  7. BERITA DUKA
    Telah meninggal dunia dengan tenang, R. Dewanto Nusantoro pada hari senin 28 Pebruari 2011, pagi hari. Almarhum meninggal setelah dirawat 5 hari di rumah sakit akibat stroke. Bagi rekan2 yang mau bertakziah bisa datang ke kediaman almarhum di jalan mawar II (belakang stasiun) jember.

    Admin: atas nama keluarga besar Sispena dan alumninya, kami mengucapkan bela sungkawa yang setulus-tulusnya. Mudah-mudahan amal ibadah almarhum diterima Allah SWT, segala dosa-dosanya diampuni, dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kesabaran. Peninggalan Mas De yang masih ada hingga sekarang adalah Sispena beserta semangat dan kecintaan terhadap alam. Salam Sispena! Tuhan bersama pecinta alam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s