Pulau Sempu

Pulau Sempu terletak di selatan pulau Jawa. Ia termasuk wilayah kotamadya Malang. Panorama yang alami, hutan, karang, laut selatan dan Segara Anak membuatnya menarik dan eksotis.

peta_pulau_sempu

Segara Anak

Meski ada pantai indah lain yang belum terjamah di pulau Sempu, biasanya orang selalu pergi ke Segara Anak. Segara Anak mirip dengan danau yang dikelilingi oleh karang dan hutan (pepohonan). Air di segara anak ini berasal dari laut selatan yang masuk lewat celah karang.

p1010195

p1010200

Segara Anak

Karena profil Segara Anak yang terlindungi atau tertutup, tidak ada ombak di sana. Ini membuat Segara Anak relatif aman untuk berenang, menyelam (snorkeling) dan memancing. Pantainya juga bisa digunakan untuk main bola dan berjemur. Kedalaman Segara Anak ketika pasang sekitar 2.5 meter, sedangkan kalau surut cuma sampai lutut.

p1010377

p1010198

Di sekitar Segara Anak sulit ditemukan mata air. Air didapat dengan berjalan melintasi tiga bukit dan menyusuri tiga pantai ke arah timur (perjalanan ± 1.5 jam). Namun, biasanya para penikmat alam yang datang ke Segara Anak membawa air dari Sendang Biru. Sendang biru adalah nama pantai tempat menyewa perahu untuk mengantar dan menjemput kita menuju dan dari Pulau Sempu.

Di Pulau Sempu ini ada pemukiman penduduk/nelayan, musholla, dan toilet. Agak lebih jauh ada tempat pelelangan ikan. Kita bisa membelinya dan dibawa menyeberang untuk dibakar di Pulau Sempu.

17 Agustus 2008 kemaren aku dan temen-temen pergi ke sana (total 14 orang; anak Sispena-nya cuma 2 yaitu aku dan Faried). Aku ke sana naik sepeda motor.

p1020658

p10104551

Aku (yang memeluk carrier yang diikat slayer Sispena), Faried (ada di belakang cewek baju putih)

Waktu dan Biaya Perjalanan

  • Perjalanan dari Surabaya ke Malang ± 2 Jam
  • Perjalanan dari Malang ke Sendang Biru ± 2 Jam
  • Tiket Masuk Ke Sendang Biru Rp 40000 (kalau tidak salah per orangnya Rp 3500, biar lebih murah minta diskon/ditawar aja)
  • Tiket Ke Pulau Sempu Rp 40000 (sebenarnya diminta seikhlasnya)
  • Biaya Kapal untuk penyebrangan 75000 (siang), Rp 100000(malam)
  • Lama penyebrangan ± 30 menit
  • Biaya parkir sepeda motor selama di sempu Rp 5000 (dititipkan ke rumah penduduk)
  • Perjalanan menuju Segara Anak ± 1 Jam

Kontributor: Suhar Chandra Kurniawan (2502002)

Suhar Chandra Kurniawan, mantan ketua I Sispena angkatan 25, alumni Teknik Perkapalan ITS.

About these ads
This entry was posted in Alumni, Artikel, Ekspedisi, Info. Bookmark the permalink.

5 Responses to Pulau Sempu

  1. novri says:

    segara anak.. namanya mirip sama yang di Rinjani, yah… btw, kayaknya indah dan perlu dicoba..

  2. suhar says:

    Akhirnya ada yang komentar juga, hehehehe

    Penduduk di daerah sendang biru lebih familier dengan sebutan segara anak daripada P. Sempu.
    Karena memang tujuang wisata yang populer dipulau sempu itu adalah segara anak.

    Buat para Anggota dan Alumni Sispena, P. Sempu/Segara Anak sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. :D

  3. Nurul says:

    wow….www kayaknya nyenengin bgt deh…
    Ms Suhar (Afgan) berapa hari disana?

    Pengen, pengen bgt kesana…
    Tapi agak ribet ya kalo dari Bogor…?
    hehe…

    Jadi mending kesananya ma anak2 Sispena kali ya…. Ntar kalo aq balik ke Jember. hehe…

  4. Sang Anggarajasa says:

    Kotamadya/ kabupaten Malang?! Kok gk ada foto2 bakar ikan ya?
    Kalau gk salah rekor kunjungan kSini masih dPegang mBusro16 :)
    +info: prnah&brHasil dAdvokasi ole KSBK(skrg ProFauna) dr kGiatan militer(byk brAkibat pd Habitat).

  5. kobo says:

    Yahaa..!
    Sy habis dari sempu isLand kmaren, huh!
    seeeeeeerrrrrrrruuuuu….! giLa!
    kaya’ di piLem the beach dah!

    Neh foto2nya, kLik aja Link d’ bawah ini…

    http://www.friendster.com/viewphotos.php?page=0&a=581784845&uid=29661430&mac=

    Tp pas k’ sono ada satu yang kurang seru, gag bareng anak2 Sispena. So…acara campingnya jd semburat! Persiapan kurang…pdhaL rencana mo 4 hari d’ sana….

    Selain Danau Segara Anakan, sebetuLnya secara keseLuruhan PuLau Sempu tu indah banget. SoaLnya saya sempet berpetuaLang dari bukit ke bukit hanya gara2 mencari air… Capek! Tp puasss! Untung airnya dapet…tp seteLah meLewati 3 bukit & 3 pantai. Tp sip Lho! Di sekeLiLing puLau Sempu byk puLau2 kecil yg d’keLiLingi hantaman ombak guuueeedde! Ada puLau yg b’bentuk penyu.., ada yg b’bntuk wajah manusia.. tp aLami Lho. Sayang pas hunting air gag bawa kamera.
    Pokoknya sip dah! PuLau Sempu tu secara k’seLuruhan aLamnya masih aLami… Rugi de kLo bLum k’ sonoh!

    uuhuuiy.., pen crita2 terus neh!
    tar aja de nuLis d’ bLog…

    ayok, k’ sana yok!
    kLo bareng arek2 Sispena psTi Lebbih berasa, berasa Lebih! hhaaa. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s